PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Siska Sinta Pratiwi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013 dan 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 243 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Kata Kunci: keaktifan mahasiswa dalam organisasi, motivasi belajar, prestasi belajar.

Abstract: This study aims to find out the effects of activeness in organizations and learning motivation partially and simultaneously on learning achievement among students of Faculty of Economics, Yogyakarta State University. This was an associative study using the quantitative approach. The research population comprised students of the 2013 and 2014 admission years of Faculty of Economics, Yogyakarta State University. The sample was selected by means of the proportionate stratified random sampling technique with a total of 243 respondents. The data were collected by a questionnaire and documentation. The data analysis technique was multiple regression analysis. The results of the study show that: (1) there is a significant positive effect of activeness in organizations on learning achievement; (2) there is a significant positive effect of learning motivation on learning achievement; and (3) there is a significant positive effect of activeness in organizations and learning motivation simultaneously on learning achievement among students of Faculty of Economics, Yogyakarta State University.

Keywords: students’ activeness in organizations, learning motivation, learning achievement.


References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Azra. 2002. Paradigma Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Agus Salim. 2012. Pengaruh Motivasi Organisasi dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ali Muhson. 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Edi Haryono, Wakhid Akhdinirwanto, dan Ashari. 2014. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014, Jurnal, Radiasi, Vol. 4 No. 1 September 2014, Hal. 77-80.

F. Nasution. 2001. Hubungan Metode Mengajar Dosen, Motivasi Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 8 No. 1, Hal. 38-48.

H.B Uno. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Informasi Akademik Gasal Universitas Negeri Yogyakarta. 2016. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif UNY, http://www.pdpt.uny.ac.id, diakses pada 14 Mei 2016.

Inun Marantika. 2007. Pengaruh Keaktifan Organisasi Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FE Universitas Negeri Malang. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

M. Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moch Nur Rofiq. 2013. Pengaruh Aktifitas Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi: Universitas Negeri Malang.

Paryati Sudarman. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Purwanto. 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmad Hari Setiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Saiffuddin Azwar. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Silvia Sukirman. 2004. Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendekia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf, diakses pada 07 Maret 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.