PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY ANGKATAN 2012

Aan Munandhar, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan praktik pengalaman lapangan secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, variabel penelitian ini adalah minat menjadi guru, motivasi belajar, praktik pengalaman lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012 sebanyak 101 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan  kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini secara parsial: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. (2)  Terdapat  pengaruh positif dan signifikan praktik  pengalaman  lapangan terhadap minat menjadi guru. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi  belajar dan praktik pengalaman lapangan  terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,308 atau 30,8% dapat diartikan bahwa 30,8% minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012 dipengaruhi oleh motivasi belajar sebesar 9,7 % dan praktik pengalaman lapangan  sebesar 21,1%, sedangkan sisanya sebesar 69,2 % dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Motivasi Belajar, Praktik Pengalaman Lapangan.

 

Abstract

This study aims to find out the effect of the learning motivation and teaching practicum as an aggregate on their interest in becoming a teacher among the 2012 admission year students of Economics Education, Faculty of Economics (FE), Yogyakarta State University (YSU). This was an ex post facto study. The research variables were the interest in becoming a teacher, learning motivation, and teaching practicum. The research population comprised the 2012 admission year students of the Study Program of Economics Education, FE, YSU, with a total of 101 students. The data were collected by a questionnaire and documentation. The data analysis method was multiple regression. The results of the study show that: (1) partially there is a significant positive of the learning motivation on the interest in becoming a teacher (2) partially there is a significant positive of the teaching practicum on their interest in becoming a teacher;  and (3) simultaneously there is an effect of the learning motivation and teaching practicum on their interest in becoming a teacher. The coefficient of determination (R2) of 0.308 or 30.8% indicates that 30.8% of the interest in becoming a teacher among the 2012 admission year students of the Study Program of Economics Education, FE, YSU, is affected by the learning motivation by 9.7% and the teaching practicum by 21.1%, while the remaining 69.2% is affected by other variables

 

Keywords: Interest in Becoming a Teacher, Learning Motivation, Teaching Practicum

.

 

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta : Depdikbud.

______. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

______ .(2006). UU RI No 14 Tentang Guru dan Dosen Serta UU RI No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Erni Yuliastuti. (2010). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Motivasi Menjadi Guru Pada Mahasiswa FISE – UNY Angkatan 2005. Skripsi.Yogyakarta : UNY.

Martin Handoko. (1992). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku, Jakarta : Rieneka Cipta.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Oemar Hamalik. (2009). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.