PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI

Arvia Ayunthara, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi, lingkungan sekolah dan manajemen waktu baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen waktu terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi informasi, lingkungan sekolah dan manajemen waktu secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta.

 

Kata kunci: teknologi informasi, lingkungan sekolah, manajemen waktu, prestasi belajar.

 

Abstract

            This study aims to find out the effects of the information technology use, school environment, and time management both partially and simultaneously on the economics learning achievement of Grade X students of SMA Negeri 10 Yogyakarta. This was an associative (relationship) study using the quantitative approach. The research population comprised Grade X students of SMA Negeri 10 Yogyakarta in the 2015/2016 academic year. The sample, consisting of 110 respondents, was selected by means of the proportional random sampling technique. The data were collected by a questionnaire and documentation. The data analysis technique was multiple regression analysis. The results of the study show that: (1) there is a significant positive effect of the information technology use on the economics learning achievement of Grade X students of SMA Negeri 10 Yogyakarta, (2) there is a significant positive effect of the school environment on their economics learning achievement, (3) there is a significant positive effect of the time management on their economics learning achievement, and (4) there is a significant positive effect of the information technology use, school environment, and time management simultaneously on their economics learning achievement.

 

Keywords:  information technology, school environment, time management, learning achievement

Full Text:

PDF

References


Ari Ardianto. 2012. Hubungan Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Fatma Dwi Cahyani. 2014. Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Pemanfaatan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Jeff Madura. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Laurence E. Rothenberg. 2002. Globalization 101: The Three Tensions of Globalization. Diakses dari http://webspace.ship.edu/hliu/347/14global/3-tensions.pdf. pada tanggal 10 Januari 2016.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar

Munir MIT. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Indonesia Investment. 2015. Diakses dari http://www.indonesia-investments.com/id/budaya/demografi/item67 pada tanggal 23 Desember 2015.

Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Philip E. Atkinson. 1990. Manajemen Waktu yang Efektif. Jakarta: Binarupa Aksara.

Sahin, Y. G., Balta, S., & Ercan, T. (2010). The Use of Internet Resources by University Students During Their Course Projects Elicitation: A Case Study. Turkish Online Journal of Educational Technology, 9, 234-244.

Samuelson. 2004. Ilmu Makroekonomi. Jakarta: Media Global Edukasi

Sigit Purwanto. 2008. Manajemen Waktu: Solusi Pakar untuk Masalah Pekerjaan. Jakarta: Erlangga.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

World Bank. 2014. World Bank and Educatian in Indonesia. Diakses dari http://www.worldbank.org/en/country/indonesia/brief/world-bank-and-education-in-indonesia pada November 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.