PENGARUH PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY,mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY, danmengetahui persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY.Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto.Variabel penelitian ini adalah persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan, lingkungan teman sebaya, dan keputusan berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY angkatan 2011 sebanyak 56 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,012 kurang dari 0,05. (2) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,007 kurang dari 0,05. (3) persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. Nilai R2 sebesar 0,508 ini berarti 50,8% keputusan berwirausaha dijelaskan oleh persepsi tenteng pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya. Sedangkan 49,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Persepsi Tentang Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Kewirausahaan, Lingkungan Teman Sebaya, Keputusan Berwirausaha.
Abstract
This study aims to investigate: (1) the effect ofperceptions learning of the entrepreneurship practicum course on the entrepreneurial decisions among students of Economics Education, Faculty of Economics (FE), Yogyakarta State University (YSU); (2) the effect of the peer environments on their entrepreneurial decision; and (3) the effect of perceptions learning of the entrepreneurship practicum course and the peers environment on their entrepreneurial decisions. This was an ex post facto study. The research variables were the perceptions of the learning of the entrepreneurship practicum course, the peer environments, and the entrepreneurial decisions. The research population comprised students of Economics Education, FE, YSU, of the 2011 admission year with a total of 56 students. The data were collected by a questionnaire and documentation. The data analysis method was multiple regression analysis. Based on the results of the study, the conclusions are as follows. (1) The perceptions of the learning of the entrepreneurship practicum course have a positive effect on the entrepreneurial decisions, indicated by a significance value of 0.012, less than 0.05. (2) The peer environments have a positive effect on the
entrepreneurial decisions, indicated by a significance value of 0.007, less than 0.05. (3) The perceptions of the learning of the entrepreneurship practicum course and the peer environments have a positive effect on the entrepreneurial decisions, indicated by a significance value of 0.000, less than 0.05. The value of R2 is 0.508, showing that 50.8% of the entrepreneurial decisions are accounted for by the perceptions of the learning of the entrepreneurship practicum course and the peer environments. Meanwhile, 49.2% are accounted for by other factors not under study.
Keywords:Perceptions of the Learning of the Entrepreneurship Practicum Course, Peer Environments, Entrepreneurial Decisions
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmad & Widodo Supriyanto.(2004).Psikologi Belajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Abu Ahmadi.(2002). Pseikologi Sosial.Jakarta: PT Rineka Cipta
Abu Ahmadi.(2007). Pseikologi Pendidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta
Aida Fitria, Daharnis dan Dina Sukama.(2013). Persepsi Siswa tentang Perilaku Seksual Remaja dan Implikasi terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2, No.1, Hlm. 202-207
Ali Muhson. (2005). Aplikasi Komputer.Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta
Ali Muhson.(2012). Modul Pelatihan SPSS.Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta
Aprilia Rahmawati. (2012).”Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 BUKATEJA, PURBALINGGA Tahun Ajaran 2011/2012.”Skripsi. Yogyakarta FISE UNY
Ating Tedjasutisna.(2004).Memahami Kewirausahaan SMK tingkat I.Bandung: ARMICO
Ating Tedjasutisna.(2007).Memahami Kewirausahaan SMK tingkat I.Bandung: ARMICO
BucariAlma(2010).Kewirausahaan.Bandung:Alfabeta
Crow and Crow.(1993).Psikologi Pendidikan (dikutip dan diterjemahkan oleh Rochman Abror).Yogyakarta: Nur Cahaya
Dalyono.(2007).Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Depdiknas.(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Tiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Eka Handayani(2011)”Pengembangan Kwalitas Pendidikan Kewirausahaan Perguruan Tinggi”.Jurnal,Jurnal Ilmiah Inkoma,Volume 22nomer Februari 2011
Hani Handoko(2011),Manajemen. Yogyakarta:BPFE
Hendra Hadiwijaya. (2011). Persepsi Siswa tehadap Pelayanan Jasa Pendidikan pada Lembaga Pendidikan El Rahma Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akutansi (Jenius). Vol. 1, No. 3, Hlm. 21-27.
Hurlock, Elizabet B.(2011). Psikologi Perkembangan . Jakarta: Erlangga.
Indigo Gitasudarma(2010).Pengantar Bisnis.Yogyakarta:BPFE
Iqbal Hasan.(2006).Analisis Data Penelitian Dengan Statistik.Jakarta: Bumi Aksara
Irham Fahmi(2012),Managemen Teory, Kasus, dan Solusi,Bandung:Alfabeta
Joko Tuhu Prasatyo (2008) dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh presepsi mahasiswa tentang program PMW dan mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dan keputusan berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Ekonomi Yogyakarta”Skripsi.Ygyakarta FE UNY.
Kasmir (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kotler Philip.(2002). Managemen Pemasaran. Gencoe Press
M Tohir.(2000).Membuka Usaha Kecil.Yogyakarta:Kanisius
Mario Atha(2014). Metode Praktikum. Diakses dari :
http://marioatha.blogspot.in/2014/04/pengertian-metode-praktikum-menurut-para-ahli.html pada tanggal jumat 27 maret 2015 jam 23.00
Meradith, Geofery G, Robert E, Nelson,Philip A, Neck,(2002).Kewirausahaan Teory dan Praktek. Terjemahan oleh Andry Asprasaryogi,Jakarta:Pustaka Binaman Presindo.
Muhibbin Syah.(2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah.(2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murdiyatmo.(2008).Kewirausahaan Untuk Kelas X SMK.Jakarta :Yudistira
Nana Sudjana.(2005).Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nana Syaodiah Sukmadinata.(2004).Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution S.(2005).Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara
Ngalim purwanto.(2007).Psikologi Pendidikan.Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik.(2004). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Oemar Hamalik.(2008). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Saifudin Zufri,(2011). “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Study keperguruan tinggi Jurusan Pendidikan Akutansi pada Siswa Kelas XII IPS MAN Gombong Kebumen Tahun Ajaran 2010/2011” Skripsi. Yogyakarta FISE UNY.
Samsuniwiyati(2005).Psikologi Perkembangan.Bandung:Remaja Rosdakarya
Sardiman.(2003).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slamet Santoso.(2006).Dinamika Kelompok.Jakarta: Bumi Aksara
Slameto.(2003).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Slameto.(20010).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Edisi Revisi.Jakarta: Rineka Cipta
Slameto.(2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Edisi Revisi.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugihartono,dkk(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press
Sugiyono.(2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikutnto.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Suharsimi Arikutnto.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Sumanto Wasty.(2008).Pendidikan Wiraswasta.Jakarta:Bumi Aksara
Supranto,J.(2005).Tehnik Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rineka Cipt
Suryana.(2003).Kewirausahaan:
Pedoman,Praktis,Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta:Salamba Empat
Suryana.(2006).Kewirausahaan: Pedoman,Praktis,Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta:Salamba Empat
Suryana .(2010).Kewirausahaan. Jakarta:Salamba Empat
Umar Tirtarahardja dan La Sulo.(2005).Pengantar Pendidikan.Jakarta:PT Rineka Cipta
Vebrianto.(1993).Sosiologi Pendidikan.Jakarta :PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Vebrianto.(2003).Sosiologi Pendidikan.Jakarta :PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Victor H. Vroom. (1994). Work and Motivation. New York: Wiley
Zainal A. Arief. (2006). Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis pada Konsep Academic Bussines Community. Jurnal Ekomoni, April 2006
Zimmerer Scarborough.(2002). Kewirausahaan dan Meanajemen Usaha Kecil.Jakarta: Salemba Empa
Refbacks
- There are currently no refbacks.