PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN METODE TREASURE HUNT
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Treasure Hunt (Berburu Harta Karun) pada siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Treasure Hunt dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada setiap indikator aktivitas belajar ekonomi dari siklus I ke siklus II serta peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar ekonomi dari siklus I sebesar 52,80% menjadi 83,58% pada siklus II dan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu 11 siswa atau sebesar 34,37% yang mencapai nilai KKM menjadi 28 siswa atau sebesar 87,5% yang mencapai nilai KKM pada siklus II.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Treasure Hunt, Aktivitas Belajar Ekonomi, Hasil Belajar Ekonomi.
Abstract
This study aimed to improve economics learning activities and achievements through the application of the Treasure Hunt learning model for Grade X students of PM 2 of SMK Negeri 1 Pengasih in the 2015/2016 academic year. This was a classroom action research (CAR) study conducted in collaboration with the subject matter teacher and was carried out in two cycles. Based on the results of the study, it could be concluded that that the Treasure Hunt learning model was capable of improving the learning activities and achievements of Grade X students of PM 2 of SMK Negeri 1 Pengasih in the 2015/2016 academic year, indicated by the improvement of the score in each indicator for economics learning activities from Cycle I to Cycle II whereas the average score in studying economic is improved from 52,8% at the Cycle I becomes 83,58% at the Cycle II. There was an improvement of the students’ learning achievements. In Cycle I 11 students or 34,37% attained the MMC and in Cycle II 28 students or 87.5% attained the MMC.
Keywords: Treasure Hunt Learning Method, Economics Learning Activities, Economics Learning Achievements.
Full Text:
PDFReferences
Bell, Daniel & Kahroff, Jahna. (2006). Activite Learning Handbook. Louis, Missouri: Webster University.
Kim, Dong Won & Yao, Jing Tao. (2010). A Treasure Hunt Model for Inquiry-Based Learning in the Development of a Web-based Learning Support System. Journal of Universal Compuer Science 16: 1853-1881).
Mulyasa. (2007). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas.jakarta: PT Bumi Aksara.
Warsono & Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.