PENGARUH KEADILAN KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KOMITMEN ORGANIASASI GURU SMA NEGERI 1 WERU KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keadilan kompensasi dan kepuasan kerja guru terhadap komitmen organisasi guru SMA Negeri 1 Weru Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Jumlah sampel penelitian 47 respoden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan persepsi keadilan kompensasi dan kepuasan kerja guru terhadap komitmen organisasi guru dengan nilai R2 sebesar 0,299. Persepsi keadilan kompensasi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi guru. Kepuasan kerja guru berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi guru. Sumbangan relatif persepsi keadilan kompensasi 12,15% dan kepuasan kerja guru 87,85%. Sumbangan efektif persepsi keadilan kompensasi 3,63% dan kepuasan kerja guru 26,27%.
Kata kunci : Keadilan Kompensasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi
Abstract
This study aims to investigate the effect of perceptions of compensation equity and job satisfaction on organizational commitment among teachers at SMA Negeri 1 Weru, Sukoharjo Regency. This research is quantitative. The data were collected by means of a Likert-scale questionnaire. The amount of sample are 47 respondents. The data analysis method was multiple linear regression. The results of the study show that there are significant positive effects of perceptions of compensation equity and job satisfaction on organizational commitment by the value of R2 = 0.299. There is no significant positive effect of perceptions of compensation equity on organizational commitment and there is a significant positive effect of job satisfaction on organizational commitment. The relative contribution of perceptions of compensation equity is 12.15% and that of teachers’ job satisfaction is 87.85%. The effective contribution of perceptions of compensation equity is 3.63% and that of teachers’ job satisfaction is 26.27%.
Keywords : Compensation Equity, Job Satisfaction, Organizational Commitment
Full Text:
PDFReferences
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlanggga
Colquitt, J.A., Lepine J.A., dan Wesson, M.J. (2013). Organizational Behavior (Improving Performance and Commitment in the Workplace). New York : McGraw-Hill Education
Daryanto. (2013). Standar Kompetensi Dan Penilaian Guru Profesional. Yogyakarta : Gava Media
Farly, Bernard dan Hendra (2015). Analisis Peran Kepemimpinan, Keadilan Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara. Sulawesi Utara. Jurnal EMBA. FEB : Universitas Sam Ratulangi. Diunduh : http://ejournal.unsrat.id/index.php/emba/article/download/10584/10171 (22 Maret 2016)
Greenberg, Jeraid dan Baron, R.A. (1995). Behavior In Organization. 5rd .Ed. US : Prentice-Hall International. Inc
Ihsan, Fuad. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka cipta
Isjoni. (2006). Gurukah yang dipersalahkan?. Yogyakarta : Bumi Aksara
Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Kusmaryani, Rosita Endang. (2007) Membudayakan nilai-nilai komitmen terhadap pekerjaan dalam upaya menegakkan Etika Profesi. Jurnal Dinamika Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mathis, R.L., dan Jackson, J.H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Rosda
Republik Indonesia. (1999). Undang-Undang No.43 Pokok-Pokok Kepegawaian. Jakarta : Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang No.14 Guru dan Dosen. Jakarta : Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi No.16 Tahun Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Jakarta : Meneg PAN dan RB.
Republik Indonesia. (2011). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku I. Jakarta : Kemendiknas.
Retnaningsih, Sudarwanti. (2007). Analisis pengaruh keadilan kompensasi, peran kepemipinan, dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. Diunduh http://eprints.undip.ac.id/35513/1/SDM.13D-Sudarwati_Retnaningsih-2007.pdf (22 April 2015)
Siagian, Sondang .P. (1986). Eksekutif yang Efektif. Jakarta : Gunung Agung
____________. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Renika Cipta
Simanungkalit, J.H.U.P. (2012). Sistem Kompensasi Pegawai Negeri Sipil Di Indonesia (Analisis Kompensasi Dan Pilihan Strategi Kompensasi Pegawai Negeri Sipil Pada Kementrian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Pemerintahan Kabupaten Gunung Kidul, Dan Pemerintahan Kota Depok). Disertasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Diunduh : http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20304647-D1259%20-%20Sistem%20kompensasi%20(SECURED).pdf (6 Juli 2015)
Sudarma, Momon. (2013). Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Suharsaputra, Uhar. (2013). Menjadi Guru Berkarakter. Bandung : Refika Aditama
Sukanti dan M. Djazari. (2010). Pengaruh Kepuasan Guru Terhadap Komitmen Kerja Guru Akutansi SMA Se-Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.