PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 2 WONOSARI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 2 Wonosari melalui Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu mendeskripsikan Konsep Manajemen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMAN 2 Wonosari yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi motivasi belajar, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan Konsep Manajemen kelas X IPS 2 SMAN 2 Wonosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap indikator motivasi belajar ekonomi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata motivasi belajar ekonomi sebesar 6,49% dari skor rata-rata motivasi belajar ekonomi siklus I sebesar 77,56% menjadi sebesar 84,05% dari skor rata-rata motivasi belajar ekonomi siklus II. Prestasi belajar ekonomi juga meningkat dari siklus I dengan rata-rata sebesar 84,37 menjadi 90 pada siklus II, dan ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 81,25% menjadi 100% pada siklus II.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Motivasi, Prestasi Belajar
Abstract
This study aimed to improve the economics learning motivation and achievement of Grade X students of Social Studies 2 of SMAN 2 Wonosari through the application of the Two Stay Two Stray (TSTS) learning method. This was a classroom action research study conducted in two cycles. Each cycle consisted of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The selected basic competency was describing management concepts. The research subjects were Grade X of Social Studies 2 of SMAN 2 Wonosari with a total of 32 students. The research instruments were observation sheets for learning motivation and tests. The data were analyzed by means of the quantitative descriptive technique using percentages. Based on the results of the study, it could be concluded that the application of the TSTS learning method was capable of improving the economics learning motivation and achievement in the basic competency of describing management concepts in Grade X of Social Studies 2 of SMAN 2 Wonosari. The results showed that there was an improvement in each indicator of economics learning motivation from Cycle I to Cycle II. The improvement of the mean score of economics learning motivation was 6.49%, from 77.56% in Cycle I to 84.05% in Cycle II. The economics learning achievement also improved. In Cycle I the mean score was 84.37 increased to was 90 and in Cycle I the learning mastery was 81.25% increased to was 100% in Cycle II..
Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS) learning method, motivation, achievement
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia.
Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.