KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK N 1 KEBUMEN TAHUN 2015/2016

Risang Purnawan Nugrahanto, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh: Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, dan Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Berwirausaha secara parsial dan simultan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII sebanyak 191. Uji validitas menggunakan teknik analisis Products moment, uji reliabilitas menggunakan koefisien cronbach’s alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) pengaruh positif dan signifikan Latar Belakang Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha dengan nilai t hitung 9,639 > t tabel 1,973; (2) pengaruh positif dan signifikan Kegiatan Praktik di Unit Produksi terhadap Kesiapan Berwirausaha dengan nilai t hitung 4,608 > t tabel 1,973; (3) pengaruh signifikan antara Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Berwirausaha dengan nilai t hitung 0,954 < t tabel 1,973; (4)  pengaruh positif dan signifikan Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi, dan Prestasi Praktik Kerja Industri secara bersama-sama terhadap Kesiapan Berwirausaha dengan nilai F hitung sebesar 83,294 pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci: Kesiapan Berwirausaha, Latar Belakang Keluarga, Unit Produksi, Prakerin.

 

Abstract

This study aimed to find out the effects of: family backgrounds, practicum activities at the school production unit, and industrial internship achievements. The hypotheses were tested by multiple regression analysis, the t-test (partial) and the F-test (simultaneous). The results of the study were as follows. (1) There was a significant positive effect of the family backgrounds on the entrepreneurial readiness. This was indicated by t observed = 9.639 > t table = 1.973 at a significance level of 5 %. (2) There was a significant positive effect of the practicum activities at the school production unit on the entrepreneurial readiness. This was indicated by t observed = 1.608 > t table = 1.973 at a significance level of 5%. (3) There was no significant effect of the industrial internship achievement on the entrepreneurial readiness. This was indicated by t observe = 0.954 < t table = 1.913 at a significance level of 5%. (4) There was a significant positive effect of the family backgrounds, practicum activities at the school production unit, and industrial internship achievements as an aggregate on the entrepreneurial readiness. This was indicated by F observed = 83.294 at a significance level of 5%.

 

Keywords: Entrepreneurial Readiness, Family Backgrounds, Production Unit, Industrial Internship

Full Text:

PDF

References


Habibie, B.J. (2012). Sumberdaya Manusia Andalan Masyarakat Madani. Makalah disampaikan dalam pidato kunci pada Konvensi Nasional Pendidikan ke-VII di Universitas Negeri Yogyakarta.

Widowati,dkk. (2014). Pendidikan Kewirausahaan Dalam Pelaksanaan On Job Training Siswa SMK N 6 Semarang. Jurnal UPI.

Suharsimi Arikunto.(1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tuatul Mahfud. (2012). Praksis Pembelajaran Kewirausahaan pada Unit Produksi Jasa Boga. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismanto Setyabudi. (2016). Kemunduran Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Indonesia. P4TK Otomotif & Elektro Malang. Diaambil dari : http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/otomotif/944-kemunduran-pendidikan-sistem-ganda-psg-di-indonesia.

Human Development Index 2014. Majalah FE Gunadarma Diambil dari (http://fe.gunadarma.ac.id/majalah/2014/12/30/human-development-index-2014/ pada 3 Desember 2015).

Jumlah Wirausaha Indonesia Hanya 0,43% dari Total Populasi.2015.SWA. Diambil dari http://swa.co.id/business-strategy/management/menteri-koperasi-dan-ukm-wirausaha-di-indonesia-harus-bisa-mencapai-2-dari-total-populasi pada 27 Oktober 2015.

Tilaar, H.A.R. (2012) Memantapkan Karakter Bangsa Menuju Generasi 2045. Makalah disampaikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan ke-VII di Universitas Negeri Yogyakarta. Lembaga Manajemen UNJ.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.