PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Vivi Kusumadewi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Perkembangan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan sampel penelitian ini adalah angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 138 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan analisis dokumentasi. Uji instrumen tujukan kepada mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan t hitung sebesar 8,709, 2) Lingkungan Keluarga berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan t hitung sebesar 10,191, 3) Perkembangan Media Sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan t hitung sebesar 9,020, 4) Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Perkembangan Media Sosial berpengaruh positif terhadap Minat Berwirausaha dengan F hitung sebesar 83,202

Keywords


Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Perkembangan Media Sosial, Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Ari Widyaningsih. 2015. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Achmad, Munib. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Alma B. (2011). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ayuningtias, Hazirah Amalia & Sanny Ekawati. 2015.” Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara. Jurnal. Universitas Tarumanegara.

BPS. (2018). “Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2018”. Diambil dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2018.html pada tanggal 24 Mei 2019.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis? (Edisi 3). Jakarta: Erlangga.

Chomzana Kinta Marini. 2014. “Pengaruh Self Elficcacy, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Deden Setiawan. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntasi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Gendro Wiyono. (2011). Merancang Penelitian Bisnis: SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Yogyakarta: STIM YKPN.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14thEdition. New Jersey: Prentice Hall.

Leonardus Saiman. (2009). Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Siti Nurjanah. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMAN 12 Pekanbaru. Jom FISIP Volume 1 No.2 –Oktober 2014.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Viny Putri Fauzi. 2016. Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awaraness di Kota Pekanbaru. Universitas Riau, Pekanbaru. Diunduh dari http://www.ejurnal.com/2016/03/pemanfaatan-instagram-sebagai-social.html?m=1 pada tanggal 5 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.