PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGETAHUAN AGAMA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri di Kabupaten Sleman Yogyakarta)

Risa Nur Fauzi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, dan Promosi terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Mahasiswa Santri Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Sampel penelitian adalah 80 mahasiswa santri di kabupaten Sleman yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Literasi Keuangan Syariah  berpengaruh positif  terhadap  Minat  Menjadi  Nasabah Bank Syariah; (2) Pengetahuan Agama berpengaruh positif  terhadap  Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah; (3) Promosi  berpengaruh  positif  terhadap  Minat  Menjadi  Nasabah  Bank  Syariah; (4)  Literasi  Keuangan  Syariah, Pengetahuan  Agama,  dan  Promosi  secara  simultan berpengaruh  positif terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan nilai  F hitung sebesar 10,352 dan nilai signifikansi  0,000 (<0,05).  Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,290.


Keywords


Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, Promosi, Minat menjadi nasabah bank syriah

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior (Second Edition). UK: McGraw-Hill Education.

Ancok, D. & Suroso, F.N. (2011). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Antara, P., et.al. (2015). “Bridging Islamic Financial Literacy and Halal Literacy: The Way Forward in Halal Ecosystem”. Procedia Economics and Finance.

Desy, F. (2015). “Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, dan Informasi terhadap Intensi Menabung di Bank Syariah pada Kalangan Santri Mahasiswa PP. Wahid Hasyim di Sleman”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Indriyo, G. (2000). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Muhamad, A.S. (2015). “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi Dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Pt. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Kas Fe Condongcatur Yogyakarta)”. Jurnal. Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Mustofa, I. (2016). Fiqih Muamalah Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rike, S., et.al. (2018). “Islamic Financial Literacy: Construct Process and Validity”. Academy of Strategic Journal, Vol. 17, Issue 4, 1939-6104-17-4-242, 1-12.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.