PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PAPAN BULLETIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 NGAGLIK

Parwati Nur Tholiqoh, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan media papan bulletin kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Ngaglik tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian yaitu meningkatnya motivasi belajar  ditunjukkan dari persentase rata-rata skor motivasi belajar dari 71,76% (sedang) menjadi 88,30% (tinggi) dimana peningkatan sebesar 16,54% dan setiap indikator pada siklus kedua telah melampaui kriteria motivasi minimal (75%). Sedangkan peningkatan hasil belajar dari 66,91 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 56% menjadi 84,27 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 96% yang meningkat 17,36 dengan persentase ketuntasan 40%.

 


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Papan Bulletin, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Indriana. D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Taniredja, T., dkk. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International