PENGARUH MOTIVASI DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MINAT MELANJUTKAN STUDI PROGRAM PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Siti Durroh Fatin Jannah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar dan minat melanjutkan studi Program Magister pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNY. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2016 yang melibatkan 206 responden yang ditentukan dengan metode proportionate random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap prestasi belajar secara langsung, 2) terdapat pengaruh signifikan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar, 3) terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap minat melanjutkan studi Program Magister melalui prestasi belajar, 4) terdapat pengaruh signifikan secara langsung dan tidak langsung kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi Program Magister melalui prestasi belajar, 5) tidak terdapat pengaruh signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi Program Magister secara langsung.


Keywords


motivasi, kondisi sosial ekonomi keluarga, prestasi belajar, minat melanjutkan studi Program Magister

Full Text:

PDF

References


Anggareni, Dyah Ayu. 2016. Pengaruh Prestasi Belajar, Pendidikan Orang Tua dan Informasi Penawaran Beasiswa S2 terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY Angkatan 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aryanti, Lystia. 2016. Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal 5 (2). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock. 2006. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi V (Istiwidayanti dan Soedarjwo). Jakarta: Erlangga.

Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015. Kemenristekdikti. 2017. Statistika Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid I dan II. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Santi, Sinta Dyana. 2009. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009. Economic Education Analysis Journal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

____________. http://www.pdpt.uny.ac.id, diakses pada 26 Januari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.