PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID, KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Siti Nurbidayah, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk:1) mengetahui persepsi tentang metode pembelajaran sintifik yang digunakan terhadap hasil belajar;2) mengetahui persepsi siswa tentangĀ  fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa;3) mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan fasilitas belajar dan metode pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar. Data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh positif secara simultan antara variabel metode pembelajaran saintifik dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar, terlihat dari nilai F yang dihasilkan yaitu 8,189, nilai tersebut lebih besar dari nilai F tabel yaitu 3,08. 2) Terdapat pengaruh positif antara variabel metode pembelajaran saintifik dan hasil belajar. Terlihat dari nilai t hitung yang dihasilkan sebesar 3,197, nilai tersebut lebih besar dari t tabel yaitu 0,1975. 3) Ada pengaruh positif antara variabel fasilitas belajar dan hasil belajar, terlihat dari nilai t hitung yang dihaslkan sebesar 3,327, nilai tersebut lebih besar dari t tabel yaitu 0,1975.


Keywords


Metode Pembelajaran Saintifik,Penggunaan Fasilitas Belajar,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. 2002. Cara Belajar yang Efektif. Yogyakarta: Liberty.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. http://www.otomanas.com/download-buku-oemar-hamalik-proses-belajar-mengajar/2

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud,. 2013. Pendekatan scientific (ilmiah) dalam pembelajaran. Jakarta:pusbangprodik.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: T.P.

Muhammad, Uzer Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, H.M. 2008. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryobroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.