PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK

Anastasia Zeniko Tridira Pungkasari, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMK Negeri 1 Depok baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Depok, dan diambil 148 siswa sebagai sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis. 2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis. 3) Kondisi Sosial Ekonomi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis. 4) Disiplin Belajar, lingkungan teman sebaya,  dan kondisi sosial ekonomi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis. Koefisien Determinasi (R2) ke 3 variabel bebas sebesar (0,356) atau 35,6% terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis.


Keywords


Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003) Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. No. 20 Tahun 2003

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhson, A. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Purwanto Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.