FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Alifani Mega Pratiwi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mengikuti PPG pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Neferi Yogyakarta angkatan 2015-2017. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi ganda dummy. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi menjadi guru terhadap minat mengikuti PPG, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan IPK terhadap minat mengikuti PPG, 3) tidak terdapat pengaruh pendidikan orang tua terhadap minat mengikuti PPG, 4) tidak terdapat pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat mengikuti PPG, 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi menjadi guru, IPK, pendidikan orang tua dan pendapatan orang tua terhadap minat mengikuti PPG.


Keywords


IPK, Minat Pendidikan Profesi Guru, Motivasi Menjadi Guru

Full Text:

PDF

References


Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Momon Sudarma. 2013. Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi dan Dicaci. Jakarta: Rajawali Pers

Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Programme for Internasional Assessment. Education Rankings with Math Skills, Reading and Science. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus pada tanggal 4 Desember 2017

Redja Mudyahardja. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Ryan, R.M. and Deci, E.L. 2000. Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology Journal, Vol. 25, No. 10, pp.54-67

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Syarifudin Yunus. 2017. Mengkritisi Kompetensi Guru. Diakses dari www.detik.com/news/kolom/3741162/mengkritisi-kompetensi-guru pada tanggal 4 Desember 2017

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UNESCO. 2017. Data pendidikan Indonesia tahun 2017. Diakses dari www.unesco.org pada tanggal 04 Desember 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.