PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROGRAM PPG DAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mohammad Sugiharto, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi mahasiswa tentang program PPG terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. (2) persepsi mahasiswa tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Serta (3) persepsi mahasiswa tentang program PPG dan profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan tahun 2014—2016 sebanyak 212 mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 147 mahasiswa yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik analsisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) persepsi mahasiswa tentang program ppg berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, (2) persepsi mahasiswa tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, (3) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa tentang program ppg dan profesi guru terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,584 dapat diartikan bahwa sebesar 58,4% minat mahasiswa menjadi guru dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang program ppg dan profesi guru sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Keywords


minat menjadi guru, persepsi tentang program ppg, profesi guru.

Full Text:

PDF

References


Ardyani, A. & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, Volume 3, Nomor 2, September 2014.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan (IPTEKDIKTI). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Hafidh, A.A., Nurseto, T., Muhson, A., et al. (2017). Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Volume. 22, Nomor. 2, Oktober 2017.

Kemdikbud. (2017). Kemendikbud dan Asosiasi Profesi Guru Bersama-sama Jawab Persoalan Guru. diakses tanggal 11 Februari 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/11/kemendikbud-dan-asosiasi-profesi-guru-bersamasama-jawab-persoalan-guru.

M. Dalyono. (2005). Psikologi Pendiidkan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhson, A. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasrullah, M., Ilmawati, Saleh, S., et al. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran Volume 5, Nomor 1 Januari-Juni 2018.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Wildan, M., Susilaningsih, & Ivada, E. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Tata Arta, Volume 2, Nomor 1, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.