STUDI EKSPLORASI PENGARUH PEMBELAJARAAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMA UII BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Catur Noviantoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaraan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMA UII Banguntapan, Bantul baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA UII Banguntapan yang berjumlah 52 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Variabel pengaruh pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat menjelaskan keberhasilan sebesar 42,6%.

Keywords


Pengaruh Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Modul. Yogyakarta: FE-UNY.

Berita Resmi Statistik No. 78/11/Th.XVI, 6 November 2013. (www.bps.go.id) Diakses tanggal 3 maret 2015 waktu 16:00 wib.

Guru Kewirausahaan Disiapkan. 2013. (http://edukasi.kompas.com/2013/03/01/20561895read/guru.kewirausahan.disiapkan?utm_source=news&utm_medium=mobile-kompas&utm_campaign=related&) Diakses tanggal 3 maret 2015 waktu 15:29 wib.

Jumlah wirausaha di Indonesia masih rendah.. 2013. (www.viva.co.id) diakses tanggal 3 Maret 2015 waktu 15:29 wib.

Maman S. 2006. Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Serian Wijayanto. (2009). Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, dan Ekonomis untuk meningkatkan Mutu Penyelenggaraan dan Mutu Lulusan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.