PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS X IPS SMA NEGERI 3 WONOGIRI

Brilian Muhamad Nur, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas guru ekonomi, motivasi berprestasi baik secara parsial maupun simultan  terhadap prestasi belajar kelas X IPS SMA  Negeri 3 Wonogiri.Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang manajemen kelas guru ekonomi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri; 2) Motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri.; 3) Persepsi siswa tentang manajemen kelas guru ekonomi dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri.


Keywords


manajemen kelas, motivasi berprestasi, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Afrizon, Renol., Ratnawulan., dan Ahmad Fauzi. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1 Ambarita, Alben. 2006 Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Ardy Wiyani Novan.2014.Psikologi PERKEMBANGAN Anak Usia Dini.Yogyakarta:GAVA MEDIA Arif Rohman. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Azwar, Saifuddin.2004. Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta _______. 2008. Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, Bimo Walgito, 2010. Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Ekosiswoyo, Rasdi., Rachman Maman. 2000. “Manajemen Kelas”. IKIP Semarang Press. Semarang. Jayu Suma Fitriyanto. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta. Kuncoro, Mudrajat. 2001. Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN. Miftah Thoha, 2005. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nana Syaodih Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.