IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/2018

Hanifah Rachmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) peningkatan motivasi belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018 (2) peningkatan hasil belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari persentase rata-rata skor motivasi belajar dari 74,9% menjadi 80,93%  yang meningkat sebesar 6,03% dan semua indikator pada siklus II telah lebih dari 75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari 70,22 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 57% menjadi 83,91 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 91% yang meningkat 13,69 dengan persentase ketuntasan 34,78%.


Keywords


Team Games Tournament (TGT), Kotak dan Kartu Misteri (KOKAMI), motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Rusiana, Y. (2014). Penggunaan Media Kokami pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, Vol. 3, No. 4, hal 183-192. Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.