,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat keaktifan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah; (2) mengetahui motivasi belajar siswa yang mengikuti kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah; (3) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar di SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa pengurus OSIS SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates sejumlah 93 siswa. Metode analisis data mengunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan: (1) keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS pada kategori sangat tinggi 22,58%, kategori tinggi 61,29%, kategori sedang 16,13%, kategori rendah 0%, dan kategori sangat rendah 0%. (2) motivasi belajar pada kategori sangat tinggi 10,75%, kategori tinggi 61,29%, kategori sedang 27,95%, kategori rendah 0%, dan kategori sangat rendah 0%. (3) hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar dengan nilai r_hitung 0,499 > r_tabel 0,1203. Nilai Sig 0,00 < taraf signifikansi 0,05. Persamaan Regresi Y = 16,226 + 0,499X menunjukan bahwa penerapan keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS bertambah satu, maka prestasi belajar bertambah 0,499. Nilai determinasi R^2 = 33,3% yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS dengan motivasi belajar siswa SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates adalah 33,3% sehingga masih terdapat 66,7% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar
Keywords
keaktifan siswa, OSIS, motivasi belajar
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI Nomor 39 Tahun 2008, Tentang Tujuan Kegiatan Ekstrakurikuler Dinas Dikpora DIY. (2015). Data dan Informasi 2015 Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Yogyakarta: Dinas Dikpora Hanafiah & Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama Saifuddin Azwar. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Siregar, Eveline & Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung