PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ELECTRONIC BANKING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat menggunakan electronic banking pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 responden diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pendapatan orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan electronic banking. Sumbangan Relatif (SR) tingkat pendapatan orang tua sebesar 6,87% dan lingkungan sosial sebesar 93,13% terhadap minat menggunakan electronic banking. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 42,80% sedangkan sisanya sebesar 57,20% dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanti, A. I. (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Journal. (http://www.ejournal.ub.ac.id)
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Egan, R. (2013). Pengaruh Internet Banking Terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia (Studi Empiris Pada Bank yang Listing di BEI). Journal. (http://www.journal.unika.ac.id)
Gerungan. (1991). Psikologi Sosial. Bandung: Eresco
Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset
John, C.O. (1989). Vocational Psycjolohy (The Study of Vocational Behavior and Development). New York: McGraw-Hill Book Company
Kamajaya, D. W. & Seminari, N. K. (2016). Peran Lingkungan Sosial, Ekuitas Merek dan Gengsi Terhadap Niat Beli Konsumen. Journal. (http://www.ejournal.unud.ac.id)
Mahayana, D. (2016). Akankah financial tech menggeser perbankan konvensional?. (https://sharingvision.com)
Muhson, A. (2012). Pelatihan Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Peter, J. P. & Olson, J. C. (2008). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill Book Company
Sari, R. (2013). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kepercayaan, Dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan E-Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, (http://www.eprint.uny.ac.id)
Sartain, A.Q. (1958). Psichology: Understanding Human Behavior. New York: McGraw-Hill Book Company
Sukirin. (1980). Pokok-pokok Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Surna, I. N. (2014) Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga
Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Refbacks
- There are currently no refbacks.