PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANTAR BOLANG TAHUN 2016/2017

Lala Fitria Istidiana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh positif tingkat pendidikan formal orang tua dan disiplin belajar terhadap  hasil  belajar ekonomi  siswa  kelas  XI  IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun  Ajaran  2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 1 Bantarbolang sejumlah 163 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat  pengaruh positif  tingkat  pendidikan  formal Ayah terhadap hasil  belajar ekonomi siswa kelas XI  IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, dengan nilai signifikansi sebesar 0.034 (Sig<0,05). (2) Terdapat  pengaruh positif  tingkat  pendidikan  formal Ibu terhadap hasil  belajar ekonomi siswa kelas XI  IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, dengan nilai signifikansi sebesar 0.024 (Sig<0,05). (3) Terdapat pengaruh disiplin  belajar  ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa  kelas  XI  IPS  SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun  Ajaran 2016/2017, dengan signifikansi sebesar 0.001 (Sig<0,05).


Keywords


tingkat pendidikan formal orang tua, disiplin belajar, hasil belajar ekonomi

Full Text:

PDF

References


A. S. Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta: Aksara, Buchari Alma dkk. (2010). Pembelajaran studi social.Bandung: Alfabeta. Wijaya, C. dan Rusyan,T. (1996). Kemampuan Guru dalam Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Sunyoto, D. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books. Mudjiono, D. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Ihsan. F. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta Putra. H. S. (2014). Pengaruh pendidikan formal, perhatian, serta pendapatan orang tua dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA N 2 Ngabang. Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Sudjana, N. (2005). Penilaiam Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdikarya. Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ngalim, P. (2006). Psikologi Pendidikan. Pamungkas, R. R. (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi BelajarAkutansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akutansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Soedijarto. (2003). Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka. Sugihartono, dkk. (2007).. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press. Sugiono. ( 2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DIY, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) DIY tahun 2016. Yogyakarta. Arikunto, S.(2009). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi.Jakarta: PT.Rineka Cipta. Arikunto, S.( (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Hadi, S. (2004). Analisis Regresi.Yogyakarta: Ando Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.