PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU AL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan bordir di SMP Terpadu Al-Amin Cukang Tanjung Kawalu Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran praktik keterampilan bordir menggunakan format kurikulum KTSP, adapun materinya yaitu mengenalkan alat dan praktik bordir sederhana berupa pola dasar, serta metode pembelajaran adalah demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas kepada siswa; (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai perencanaan pembelajaran yang telah dibuat dengan alokasi waktu (2 x 40 menit) yaitu praktik individu terbimbing dan kelompok, hasil karya keterampilan bordir yang diciptakan oleh siswa berupa karya non fungsional dalam lembaran kain berukuran 30cm x 30cm berupa pola dasar bordiran; (3) penilaian hasil pembelajaran keterampilan bordir mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan standar KKM yaitu 75; (4) tanggapan siswa terhadap pembelajaran keterampilan bordir sangat baik dan menyenangkan.
Kata Kunci: Pembelajaran Keterampilan Bordir
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.