PEMBELAJARAN BATIK TULIS ETNIK MOJOKERTO PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO JAWA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran batik tulis etnik Mojokerto pada kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan olehguru dengan membuat RPP berdasarkan pada silabus dan kurikulum 2013, serta media pembelajaran berupa contoh karya batik tulis etnik Mojokerto dengan motif Kawung Sekar Majapahit; (2) pelaksanaan pembelajarandilakukan sebanyak 15 pertemuan, dengan salah satu pelaksanaan pembelajaranpadasemester ganjil berupa studi lapangan ke situs-situs peninggalan kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokertodan sekitarnya untuk mendapatkan inspirasi penciptaan motif etnik Mojokerto, kemudian pada semester genap motif tersebut diaplikasikan untuk membuat karya batik tulis etnik Mojokerto; (3) penilaian hasil belajar menggunakan alat ukur tes dan non tes mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan perolehan nilai yang memenuhi standar KKM yaitu 75.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.