MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SBDP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SD NEGERI 2 CUCUKAN PRAMBANAN KLATEN
Abstract
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran
Seni Budaya dan Prakarya dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata peajara
Seni Budaya dan Prakarya di SD Negeri 2 Cucukan Prambanan. Metode penelitian menggunakan
metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan penelitian denga
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Seni Budaya dan
Prakarya ini meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
kualitas belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Cucukan. Hal ini dilihat dari peningkatan pada aspe
pengetahuan sebesar 15,7% dengan nilai rata-rata akhir kelas 85,2 dan termasuk dalam kategori
sangat baik. Kemudian pada aspek keterampilan terjadi peningkatan sebesar 7,38% dengan nilai rata
rata akhir kelas 81,4 dan termasuk dalam kategori baik. Begitu pula pada aspek sikap terjadi
peningkatan sebanyak 11,04% dengan nilai rata-rata kelas akhir 80,4 dan termasuk dalam kategori
baik.
Seni Budaya dan Prakarya dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata peajara
Seni Budaya dan Prakarya di SD Negeri 2 Cucukan Prambanan. Metode penelitian menggunakan
metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan penelitian denga
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Seni Budaya dan
Prakarya ini meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
kualitas belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Cucukan. Hal ini dilihat dari peningkatan pada aspe
pengetahuan sebesar 15,7% dengan nilai rata-rata akhir kelas 85,2 dan termasuk dalam kategori
sangat baik. Kemudian pada aspek keterampilan terjadi peningkatan sebesar 7,38% dengan nilai rata
rata akhir kelas 81,4 dan termasuk dalam kategori baik. Begitu pula pada aspek sikap terjadi
peningkatan sebanyak 11,04% dengan nilai rata-rata kelas akhir 80,4 dan termasuk dalam kategori
baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.