PENGEMBANGAN MEDIA POP UP ORNAMEN KLASIK DALAM MATA PELAJARAN DASAR KEKRIYAAN DI SMK NEGERI 1 DLINGO

Arif Langgeng Firmansyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media, mengembangkan produk pop up, dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media. Penelitian ini memodifikasi model RnD dari Sugiono yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, dan 6) uji coba produk. Hasil penelitian berupa: (1) Media pop up dibuat berdasarkan analisis kebutuhan di lapangan. (2) Media memuat materi ornamen, latihan menggambar, langkah-langkah menggambar, dan latihan soal. (3) Hasil akhir rata-rata validasi materi dari dosen dan guru, aspek pendahuluan mendapat 85%, aspek isi materi mendapat 83,25%, dan aspek rangkuman dan pustaka mendapat 87,5%. Hasil validasi media untuk aspek ukuran dan sampul mendapat 62,5%, aspek tata letak mendapat 85,7%, aspek jenis huruf 79%, aspek gambar 83% dan aspek penggunaan 83%. Respon siswa saat uji coba produk menunjukan respon yang positif, dengan penilaian rata-rata 82.8%. Media pop up ornamen layak diterapkan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, ornamen, pop up.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.