PENGEMBANGAN MEDIA POP UP ORNAMEN KLASIK DALAM MATA PELAJARAN DASAR KEKRIYAAN DI SMK NEGERI 1 DLINGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media, mengembangkan produk pop up, dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media. Penelitian ini memodifikasi model RnD dari Sugiono yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, dan 6) uji coba produk. Hasil penelitian berupa: (1) Media pop up dibuat berdasarkan analisis kebutuhan di lapangan. (2) Media memuat materi ornamen, latihan menggambar, langkah-langkah menggambar, dan latihan soal. (3) Hasil akhir rata-rata validasi materi dari dosen dan guru, aspek pendahuluan mendapat 85%, aspek isi materi mendapat 83,25%, dan aspek rangkuman dan pustaka mendapat 87,5%. Hasil validasi media untuk aspek ukuran dan sampul mendapat 62,5%, aspek tata letak mendapat 85,7%, aspek jenis huruf 79%, aspek gambar 83% dan aspek penggunaan 83%. Respon siswa saat uji coba produk menunjukan respon yang positif, dengan penilaian rata-rata 82.8%. Media pop up ornamen layak diterapkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, ornamen, pop up.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.