KAJIAN NILAI-NILAI EDUKATIF WAYANG HIP HOP PUNAKAWAN DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan tentang pementasan wayang hip
hop, ditinjau dari nilai-nilai edukatif mulai dari cerita pewayangan, sifat tokoh, lirik lagu dan penampilan
wayang hip hop punakawan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Data Penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan wayang hip hop
punakawan Yogyakarta. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah personil dan penonton
wayang hip hop punakawan Yogyakarta. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri
dengan dibantu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, serta verifikasi untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
Dalam cerita pewayangan hip hop mengajarkan untuk menjadi masyarakat yang baik, amanah dan tidak
berprasangka buruk. (2) Dalam sifat tokoh pewayangan terdapat nilai-nilai edukatif seperti harus jujur,
pandai bicara dengan baik, suka memberi, sabar, tidak iri hati, cerdik dan suka menasehati. (3) Dalam
lirik lagu wayang hip hop memiliki makna jadilah orang yang mencintai budaya, adil dalam segala hal,
tekun dalam belajar, jangan tinggi hati. (4) Dalam pementasan wayang hip hop terdapat nilai pendidikan
moral, nilai pendidikan adat (tradisi), nilai pendidikan agama (religi), nilai pendidikan sejarah (historis), dan
nilai kepahlawanan.
hop, ditinjau dari nilai-nilai edukatif mulai dari cerita pewayangan, sifat tokoh, lirik lagu dan penampilan
wayang hip hop punakawan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Data Penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan wayang hip hop
punakawan Yogyakarta. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah personil dan penonton
wayang hip hop punakawan Yogyakarta. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri
dengan dibantu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, serta verifikasi untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
Dalam cerita pewayangan hip hop mengajarkan untuk menjadi masyarakat yang baik, amanah dan tidak
berprasangka buruk. (2) Dalam sifat tokoh pewayangan terdapat nilai-nilai edukatif seperti harus jujur,
pandai bicara dengan baik, suka memberi, sabar, tidak iri hati, cerdik dan suka menasehati. (3) Dalam
lirik lagu wayang hip hop memiliki makna jadilah orang yang mencintai budaya, adil dalam segala hal,
tekun dalam belajar, jangan tinggi hati. (4) Dalam pementasan wayang hip hop terdapat nilai pendidikan
moral, nilai pendidikan adat (tradisi), nilai pendidikan agama (religi), nilai pendidikan sejarah (historis), dan
nilai kepahlawanan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.