PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN BATIKKELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTATAHUN PELAJARAN2015/2016

Risda Lailin Nadziroh, Pendidikan Seni kerajinan FBS UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  perencanaan pembelajaran,  pelaksanaan pembelajaran, dan
hasil  pembelajaran  keterampilan  batik  pada  kelas VII C  SMPMuhammadiyah8 Yogyakarta  tahun
pelajaran2015/2016.  
Metode  penelitian ini  menggunakanmetode  deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah pedoman wawancara,
observasi, dokumentasi, alat tulis, dan kamera.  Pemeriksaan  keabsahan data  diperoleh melalui teknik
triangulasi  sumber.  Analisis data menggunakan deskriptif  kualitatif dengan langkah-langkah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan.  
Keistimewaan skripsi ini terletak pada aspek tujuannya, yaitu mengetahui kegiatan pembelajaran
keterampilan batik di kelas VII C SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang berfokus sebagai mata
pelajaran muatan lokal guna melestarikan batik sebagai budaya asli Indonesia serta mengembangkan
minat dan potensi peserta didik agar setiap siswa memiliki bekal life skill untuk kehidupan di masyarakat.
Selain itu hasil pembelajaran di sekolah ini memiliki hasil karya yang memiliki nilai estetis serta daya
jual sehingga dapat dijadikan sebagai pengisi acara sekolah tahunan yaitu pameran batik hasil karya
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa: 1) Perencanaan pembelajaran   keterampilan batik sudah
baik yaitu membuat silabus, RPP, mempersiapkanmateri,  sumber belajar,  mediapembelajaran,
merencanakan kegiatan pendahuluan, & mempersiapkan untuk penilaian. 2)  pelaksanaan pembelajaran
meliputikegiatan pendahuluan(membuka dengan salam, mengecek kehadiran siswa, menjelaskan
gambaran materi, membangkitkan ingatan siswa dengan cara menayakan materi pertemuan sebelumnya
dan memberi motivasi pada siswa), kegiatan inti (terdiri eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), kegiatan
penutup(umpan balik, evaluasi, memberikan tugas, menyimpulkan materi, ditutup dengan salam). 3)hasil
pembelajaranketerampilan batik: batik tulis ukuran 50x50 cm yang diaplikasikan pada sarung
bantal.Penilaian didapatkan guru dengan memperhatikan a) aspek kognitif, diperoleh melalui penugasan
siswa.b) aspek  afektif  yang diperoleh melalui pengamatan sikap dan tingkah laku siswa.c) aspek
psikomotorik, diperoleh melalui hasil praktik siswa dari menggambar motif dan proses membuat batik
tulis. Tindak lanjut dari penilaian  adalah  guru melakukan program  remedial terhadapsiswa yang  belum
tuntas KKM.

Full Text:

PDF

References


Ghony & Almanshur. 2014. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Sleman: Ar-Ruzz

Media.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodelogi Penelitian

Kualitatif. Bandung:PT.Remaja

Rosdakarya.

Rasjoyo. 1997. Pendidikan Seni Rupa. Jakarta:

Eralangga.

Syaodih, Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.