PEMBELAJARAN MAKRAME PADA JURUSAN KRIYA TEKSTIL DI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016, pembelajaran makrame di Kelas X Kriya Tekstil 3
SMK Negeri 2 Sewon Bantul menggunakan KTSP 2006 dimana satu guru mengajar 23 peserta didik. Penelitian
ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pembelajaran makrame dilihat dari perencanaan,
pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data
penelitian berupa deskripsi kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran makrame di Kelas X Kriya Tekstil 3 SMK Negeri 2
Sewon Bantul. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah guru dan peserta didik Kelas X Kriya
Tekstil 3 yang melaksanakan pembelajaran makrame. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Adapun analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru menyusun silabus dan RPP dalam tahap perencanaan pembelajaran.
Media yang digunakan adalah contoh produk, contoh gambar, video dan powerpoint. Metode ceramah,
demonstrasi, tanya jawab dan penugasan digunakan dalam pembelajaran oleh guru. Materi yang diajarkan
berupa mendeskripsikan jenis-jenis simpul, membuat kriya makrame untuk benda hias, dan membuat kriya
makrame untuk benda fungsional. 2) Pelaksanaan pembelajaran makrame menggunakan KTSP 2006 meliputi
kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi yang diajar oleh satu guru dengan jumlah peserta didik 23 orang.
3) Penilaian hasil belajar dititikberatkan pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan terdapat program remidi,
serta pengayaan. Hasil penilaian akhir didapatakan skor tertinggi 84 dan nilai terendah skor 75,3. Oleh karena
itu, 23 peserta didik dinyatakan sudah mencapai standar KKM 75 dan dinyatakan tuntas.
SMK Negeri 2 Sewon Bantul menggunakan KTSP 2006 dimana satu guru mengajar 23 peserta didik. Penelitian
ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pembelajaran makrame dilihat dari perencanaan,
pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data
penelitian berupa deskripsi kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran makrame di Kelas X Kriya Tekstil 3 SMK Negeri 2
Sewon Bantul. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah guru dan peserta didik Kelas X Kriya
Tekstil 3 yang melaksanakan pembelajaran makrame. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Adapun analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru menyusun silabus dan RPP dalam tahap perencanaan pembelajaran.
Media yang digunakan adalah contoh produk, contoh gambar, video dan powerpoint. Metode ceramah,
demonstrasi, tanya jawab dan penugasan digunakan dalam pembelajaran oleh guru. Materi yang diajarkan
berupa mendeskripsikan jenis-jenis simpul, membuat kriya makrame untuk benda hias, dan membuat kriya
makrame untuk benda fungsional. 2) Pelaksanaan pembelajaran makrame menggunakan KTSP 2006 meliputi
kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi yang diajar oleh satu guru dengan jumlah peserta didik 23 orang.
3) Penilaian hasil belajar dititikberatkan pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan terdapat program remidi,
serta pengayaan. Hasil penilaian akhir didapatakan skor tertinggi 84 dan nilai terendah skor 75,3. Oleh karena
itu, 23 peserta didik dinyatakan sudah mencapai standar KKM 75 dan dinyatakan tuntas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.