PERANAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK BERKARYA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Tujuan untuk mendiskripsikan peranan guru kelas dalam pembelajaran praktik berkarya seni budaya dan
keterampilan pada siswa Sekolah Dasar di daerah Kota Mungkid Kabupaten Magelang, yang meliputi aspek
persiapan perencanaan pembelajaran, materi pembelajaran, dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Validitasi data yang dilakukan adalah dengan triangulasi data dan ketekunan pengamatan. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dri
penelitian ini yaitu: (1) Peranan guru kelas dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SD daerah Kota
Mungkid Kabupaten Magelang menunjukan bahwa, persiapan perencanaan pembelajaran bagi setiap guru masing-
masing sekolah sudah mempersiapkan dan menyusun silabus dan RPP. (2) Peran guru kelas dalam aspek persiapan
materi masih banyak kendala. Kesediaan materi-materi untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar
sangatlah kurang, bagi sebagian guru hanya menerapkan materi-materi yang sudah dilakukan pada tahun-tahun
sebelumnya, ditambah dengan fasilitas sekolah sebagai pengembangan materi belum bisa terpenuhi. (3) Peranan
guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran praktik Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar daerah Kota
Mungkid Kabupaten Magelang dalam aspek proses pelaksanaan pembelajaran, secara keseluruhan yang dilakukan
guru-guru tersebut masih belum maksimal. Pada dasarnya pada aspek proses pelaksanaan guru sudah menerapkan
tiga komponen penting, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Namun kekurangannya terdapat pada
kegiatan inti.
keterampilan pada siswa Sekolah Dasar di daerah Kota Mungkid Kabupaten Magelang, yang meliputi aspek
persiapan perencanaan pembelajaran, materi pembelajaran, dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Validitasi data yang dilakukan adalah dengan triangulasi data dan ketekunan pengamatan. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dri
penelitian ini yaitu: (1) Peranan guru kelas dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SD daerah Kota
Mungkid Kabupaten Magelang menunjukan bahwa, persiapan perencanaan pembelajaran bagi setiap guru masing-
masing sekolah sudah mempersiapkan dan menyusun silabus dan RPP. (2) Peran guru kelas dalam aspek persiapan
materi masih banyak kendala. Kesediaan materi-materi untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar
sangatlah kurang, bagi sebagian guru hanya menerapkan materi-materi yang sudah dilakukan pada tahun-tahun
sebelumnya, ditambah dengan fasilitas sekolah sebagai pengembangan materi belum bisa terpenuhi. (3) Peranan
guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran praktik Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar daerah Kota
Mungkid Kabupaten Magelang dalam aspek proses pelaksanaan pembelajaran, secara keseluruhan yang dilakukan
guru-guru tersebut masih belum maksimal. Pada dasarnya pada aspek proses pelaksanaan guru sudah menerapkan
tiga komponen penting, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Namun kekurangannya terdapat pada
kegiatan inti.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.