PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BATIK UNTUK MUATAN LOKAL BATIK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KADIPIRO BANTUL

Dhevy Swary Purwaningrum,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul batik pembelajaran muatan lokal batik untuk siswa
sekolah dasar kelas IV.
  Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development). Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan lembar aket, pada penelitian ini menggunakan
pemberian skor bernilai  1-5 dengan kriteria sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang.
Instrumen yang digunakan berupa lembar pertanyaan dan lembar angket untuk mengukur kelayakan
modul oleh (1) ahli materi yang meliputi yaitu aspek isi, aspek penyajian dan aspek bahasa; (2) ahli media
yang meliputi yaitu aspek ukuran modul, aspek desain sampul modul, aspek desain isi komponen
kegrafisan (3) guru kelas yang meliputi yaitu aspek tampilan, aspek kualitas materi dan aspek manfaat.
Modul pembelajaran batik yang terdiri dari unsur-unsur: isi, tampilan dan manfaat yang
dirangkum dalam 40 halaman. Penyusunan materi modul pembelajaran batik disesuaikan dengan silabus
yang berlaku di Sekolah Dasar Negeri 2 Kadipiro Bantul. Materi disesuaikan dengan standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran yang terdiri dari Bab I-V meliputi: Bab I
materi sejarah batik, asal mula batik dan pengertian batik. Bab II materi tentang motif, unsur-unsur motif
dan macam-macam motif. Bab III materi tentang jenis batik dan alat serta bahan untuk batik. Bab IV
materi perwarna batik jenis warna batik dan macam - macam perwarna sintetis. Bab VI, materi membatik
sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan uji validasi modul pembelajaran batik menurut (1) ahli materi
dinyatakan layak dengan perolehan skor rata-rata 81%, (2) ahli media memberi kelayakan skor rata-rata
87,6%. Sedangkan kesesuaian dan kelengkapan modul untuk siswa Sekolah Dasar kelas IV memperoleh
nilai rata-rata 92%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.