PEMBELAJARAN BATIK CEMOL PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran batik cemol pada anak tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian deskriptif kualitatif.Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Pada pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan
yakni pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran batik cemol dirancang dengan menyesuaikan
kondisi dan kemampuan peserta didik. Silabus dan RPP dirancang oleh guru sesuai dengan panduan
kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (2) Pelaksanaan pembelajaran batik cemol
menggunakan metode dan media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik (3)Evaluasi
pembelajaran dilakukan dengan teknik penilaian melalui tes lisan berisyarat, tes tertulis, dan unjuk
karya. Dari ketiga hal tersebut dapat mengetahui aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang
dimiliki oleh peserta didik.
pembelajaran batik cemol pada anak tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian deskriptif kualitatif.Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Pada pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan
yakni pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran batik cemol dirancang dengan menyesuaikan
kondisi dan kemampuan peserta didik. Silabus dan RPP dirancang oleh guru sesuai dengan panduan
kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (2) Pelaksanaan pembelajaran batik cemol
menggunakan metode dan media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik (3)Evaluasi
pembelajaran dilakukan dengan teknik penilaian melalui tes lisan berisyarat, tes tertulis, dan unjuk
karya. Dari ketiga hal tersebut dapat mengetahui aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang
dimiliki oleh peserta didik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.