PEMBELAJARAN BATIK CEMOL PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Dhara Dinda Kamayangan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran batik cemol pada anak tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian deskriptif kualitatif.Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Pada pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Analisis data yang  digunakan
yakni  pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa:  (1) Perencanaan pembelajaran batik  cemol  dirancang dengan menyesuaikan
kondisi dan kemampuan peserta didik. Silabus dan RPP dirancang oleh guru sesuai dengan panduan
kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)  (2) Pelaksanaan pembelajaran  batik  cemol
menggunakan metode  dan media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik (3)Evaluasi
pembelajaran  dilakukan dengan teknik penilaian melalui tes lisan berisyarat, tes tertulis, dan unjuk
karya. Dari ketiga hal tersebut dapat mengetahui aspek  kognitif, afektif, dan psikomotorik  yang
dimiliki oleh peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.