PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK TULIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII DI MTS NEGERI GODEAN

Abdul Aziz,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran  batik tulis berbasis multimedia
interaktif untuk kelas VII SMP/MTs, dan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran batik tulis
berbasis multimedia interaktif  tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan
prosedur pengembangan adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi 10 tahap, yaitu: (1)
menemukan potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi desain, (5) revisi
desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi, dan (10) produksi massal. Uji coba
dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilaksanakan di MTs Negeri Godean
dengan melibatkan 53 peserta didik kelas VII, terdiri dari uji coba perorangan sebanyak 6 orang, uji coba kelompok kecil
sebanyak 15 orang, dan uji coba kelompok besar sebanyak 32 peserta didik. Teknik  pengumpulan data menggunakan
wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kualitatif dari data kuantitatif untuk pengembangan produk media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia
interaktif  untuk kelas VII dan deskriptif kualitatif untuk mengetahui respon peserta didik.  Hasil penelitian dan
pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan  media pembelajaran  batik tulis berbasis multimedia
interaktif  untuk kelas VII dengan penilaian dari beberapa ahli yaitu: (a) hasil ahli materi dengan persentase rata-rata skor
semua aspek 88.1 % masuk kedalam kategori sangat baik, (b) ahli media dengan persentase rata-rata skor semua aspek
83.1 %. (2) uji coba produk dilakukan dengan tiga tahap yaitu: (a) uji coba perorangan persentase rata-rata penilaian
semua aspek 90.1 % masuk ke dalam kategori sangat baik. (b) uji coba kelompok kecil persentase rata-rata penilaian
semua aspek  86.1 % masuk dalam kategori sangat baik. (c) uji coba kelas besar persentase rata-rata penilaian semua
aspek 84.6 % masuk dalam kategori sangat baik. Dari analisis data yang diperoleh di atas, menunjukkan bahwa media
pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif  untuk kelas VII di MTs Negeri Godean masuk ke dalam kriteria
sangat baik. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran batik tulis berbasis multimedia interaktif sangat baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.