PEMBELAJARAN BATIK KELAS XI DI SMK N 3 KASIHAN (SMSR YOGYAKARTA) SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran batik kombinasi tulis, lukis dan cap (cap
tembaga & cap kertas) secara bebas ekspresif dengan menggunakan warna alam, di kelas XI SMK N 3 Kasihan
(SMSR Yogyakarta).Penelitian ini termasuk dengan penelitian deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan data hasi
penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini
adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman
dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasi
penelitian dapat dideskripsikan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran batik dimulai dengan penyusunan silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan acuan kurikulum pembelajaran tahun 2013. 2) Pelaksanaan
pembelajaran batik dilaksanakan sesuai silabus dan RPP yang telah dibuat oleh guru, guru pembimbing menggunakan
pendekatan individual dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran. 3) Hasil evaluasi pembelajaran batik
dapat diketahui bahwa nilai penguasaan kemampuan teori dan praktek hampir semua peserta didik telah memenuhi
kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan.
tembaga & cap kertas) secara bebas ekspresif dengan menggunakan warna alam, di kelas XI SMK N 3 Kasihan
(SMSR Yogyakarta).Penelitian ini termasuk dengan penelitian deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan data hasi
penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini
adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman
dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasi
penelitian dapat dideskripsikan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran batik dimulai dengan penyusunan silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan acuan kurikulum pembelajaran tahun 2013. 2) Pelaksanaan
pembelajaran batik dilaksanakan sesuai silabus dan RPP yang telah dibuat oleh guru, guru pembimbing menggunakan
pendekatan individual dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran. 3) Hasil evaluasi pembelajaran batik
dapat diketahui bahwa nilai penguasaan kemampuan teori dan praktek hampir semua peserta didik telah memenuhi
kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.