PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION PADA PELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION PADA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KRIYA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merancang dan membuat media pembelajaran video stop motion yang
dimanfaatkan dalam pembelajaran D3K bagi siswa kelas X SMK dan 2) mengetahui kelayakan media
pembelajaran video stop motion yang dimanfaatkan dalam pembelajaran D3K kelas X SMK dan respon dari
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang meliputi 10 tahap, yaitu:
1) observasi dan menemukan potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi
desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi, dan 10) produksi
massal. Uji coba dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kalasan dengan melibatkan 34 siswa kelas X Jurusan Desain dan
Produksi Kriya Kulit. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) menghasilkan produk media pembelajaran video stop
motion pada mata pelajaran D3K bagi siswa kelas X SMK, 2) kelayakan video stop motion berdasarkan penilaian
dari ahli materi 95,2% masuk kriteria sangat layak, validasi oleh ahli media sebesar 84% masuk dalam kriteria
sangat layak, hasil uji coba kelas kecil sangat layak, serta hasil uji coba kelas besar juga sangat layak dan sesuai
digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dan peserta didik kelas X di SMK.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, D3K, SMK
dimanfaatkan dalam pembelajaran D3K bagi siswa kelas X SMK dan 2) mengetahui kelayakan media
pembelajaran video stop motion yang dimanfaatkan dalam pembelajaran D3K kelas X SMK dan respon dari
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang meliputi 10 tahap, yaitu:
1) observasi dan menemukan potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi
desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi, dan 10) produksi
massal. Uji coba dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kalasan dengan melibatkan 34 siswa kelas X Jurusan Desain dan
Produksi Kriya Kulit. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) menghasilkan produk media pembelajaran video stop
motion pada mata pelajaran D3K bagi siswa kelas X SMK, 2) kelayakan video stop motion berdasarkan penilaian
dari ahli materi 95,2% masuk kriteria sangat layak, validasi oleh ahli media sebesar 84% masuk dalam kriteria
sangat layak, hasil uji coba kelas kecil sangat layak, serta hasil uji coba kelas besar juga sangat layak dan sesuai
digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dan peserta didik kelas X di SMK.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, D3K, SMK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.