PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DI JURUSAN KRIYA KAYUSMK N 1 KALASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan proses pembelajaran teaching factory di Jurusan Kriya Kayu
SMK Negeri 1 Kalasan.Metode yang digunakanadalah deskriptif kualitatif.Data diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pembelajaran teaching factory yang
sudah sesuai, karena dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran teaching factory sudah melalui analisis kurikulum
dan analisis usaha pembuatan produk yang di sinkronisasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. (2) Perencanaan
pembelajaran teaching factory yaitu menyusun RPP, media pembelajaran dan instrumen penilaian. Pelaksanaan
pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan silabus dan RPP yang disusun oleh guru. Guru menggunakan metode
Project based learning. Hasil evaluasi pembelajaran teaching factorydiketahui dari nilai penguasaan kemampuan
teori dan praktik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai dengan indikator yang ditetapkan.
Hasil karya peserta didik pada berupa desain perabot kayu serperti meja, kursi dan kendala yang dihadapi pada saat
proses pembelajaran, yaitu dari faktor peserta didik dan guru.
Kata Kunci: Teaching Factory, keterampilan.
Abstract
SMK Negeri 1 Kalasan.Metode yang digunakanadalah deskriptif kualitatif.Data diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pembelajaran teaching factory yang
sudah sesuai, karena dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran teaching factory sudah melalui analisis kurikulum
dan analisis usaha pembuatan produk yang di sinkronisasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. (2) Perencanaan
pembelajaran teaching factory yaitu menyusun RPP, media pembelajaran dan instrumen penilaian. Pelaksanaan
pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan silabus dan RPP yang disusun oleh guru. Guru menggunakan metode
Project based learning. Hasil evaluasi pembelajaran teaching factorydiketahui dari nilai penguasaan kemampuan
teori dan praktik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai dengan indikator yang ditetapkan.
Hasil karya peserta didik pada berupa desain perabot kayu serperti meja, kursi dan kendala yang dihadapi pada saat
proses pembelajaran, yaitu dari faktor peserta didik dan guru.
Kata Kunci: Teaching Factory, keterampilan.
Abstract
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.