PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KRIYA KERAMIK DENGAN TEKNIK PUTAR MIRING DI SMK N 1 ROTA BAYAT,KLATEN, JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran putar miring di SMK
N 1 ROTA Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif
kualitatif, peneliti mendapatkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human
instrument) dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi
dan pedoman dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data,
penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat
dideskripsikan bahwa:1) Perencanaan pembelajaran putar miring dimulai dengan
penyusunan silabus dan RPP dengan masing-masing KD dan KI berdasarkan acuan
kurikulum pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai silabus dan
RPP yang telah dibuat oleh pembimbing. Pembimbing menggunakan metode
pembelajaran, yaitu metode ceramah, simulasi, demonstrasi serta penugasan pada saat
kegiatan belajar mengajar. 3) Hasil evaluasi pembelajaran putar miring dapat diketahui
bahwa nilai penguasaan kemampuan teori dan praktik semua peserta didik telah
memenuhi KKM sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. 4) Hasil karya peserta
didik pada berupa mangkokdengan teknik putar miring. 5) Kendala yang dihadapi pada
saat proses pembelajaran berasal dari faktor peserta didik, faktor bahan ajar, dan faktor
sarana dan prasarana.
N 1 ROTA Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif
kualitatif, peneliti mendapatkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human
instrument) dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi
dan pedoman dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data,
penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat
dideskripsikan bahwa:1) Perencanaan pembelajaran putar miring dimulai dengan
penyusunan silabus dan RPP dengan masing-masing KD dan KI berdasarkan acuan
kurikulum pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai silabus dan
RPP yang telah dibuat oleh pembimbing. Pembimbing menggunakan metode
pembelajaran, yaitu metode ceramah, simulasi, demonstrasi serta penugasan pada saat
kegiatan belajar mengajar. 3) Hasil evaluasi pembelajaran putar miring dapat diketahui
bahwa nilai penguasaan kemampuan teori dan praktik semua peserta didik telah
memenuhi KKM sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. 4) Hasil karya peserta
didik pada berupa mangkokdengan teknik putar miring. 5) Kendala yang dihadapi pada
saat proses pembelajaran berasal dari faktor peserta didik, faktor bahan ajar, dan faktor
sarana dan prasarana.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.