Relevansi nilai-nilai karakter kebangsaan dan patriotik dalam karya-karya Tan Malaka bagi pendidikan karakter berbasis pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan

Muhammad Bagus Bernadika, , Indonesia
Samsuri Samsuri, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ciri khas pemikiran Tan Malaka, menganalisisi nilai-nilai karakter dan mengontruksi bentuk aktualisasi nilai-nilai karakter dalam karya-karya Tan Malaka tersebut, melalui pendidikan karakter berbasis mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Sumber data pada penelitian ini berupa dokumen primer dan sekunder. Dokumen primer terdiri atas tiga belas karya-karya Tan Malaka. serta sumber sekunder merupakan berbagai buku karya para peneliti, khususnya para peneliti sejarah yang menganalisis Tan Malaka beserta karya-karyanya. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamat dan diskusi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ciri khas pemikiran Tan Malaka dalam setiap karyanya adalah: memposisikan Islam sebagai dasar pemikiran, dan mengandung berbagai nilai penting, yaitu: nilai aktivitas dan kreativitas, filosofis, humanisme, kemerdekaan, dan dialektika. 2) nilai-nilai karakter kebangsaan dan patriotik dalam karya-karya Tan Malaka telah sesuai dengan nilai-nilai dasar karakter kebangsaan dan patriotik, yakni: cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, kerja sama, kerja keras guna kepentingan bangsa dan negara, semangat kebangsaan, kesederajatan sosial, toleransi dan demokrasi, berani, kesetiakawanan sosial, pantang menyerah, rela berkorban, dan percaya diri. 3) Aktualisasi nilai-nilai karakter dalam karya-karya Tan Malaka, melalui pendidikan karakter berbasis mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dilakukan melalui pengenalan figur tokoh bangsa yang kurang mendapat tempat dalam pembelajaran sejarah bangsa, seperti Tan Malaka. Selanjutnya, nilai-nilai karakter tersebut dapat di integrasikan kedalam setiap materi pembelajaran yang tersatukan dengan berbagai kegiatan pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembejaran (RPP), sebagai sebuah mekanisme pembejaran yang terstruktur..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.