Keterwujudan asas-asas pelayanan publik dalam pelaksanaan pelayanan berbasis Sistem Informasi Desa di Kalurahan Panggungharjo

Frisca Dyan Areza, , Indonesia
Suharno Suharno, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Sistem Informasi Desa (SID) dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik di Kalurahan Panggungharjo, mendeskripsikan kendala yang dihadapi pemerintah Kalurahan Panggungharjo dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang baik berbasis SID, serta menganalisis solusi Pemerintah Kalurahan Panggungharjo dalam mengatasi kendala penerapan SID dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik. Penentuan subjek secara purposive yaitu Lurah, Jagabaya, Kamituwo, Manajer Data PSID dan masyarakat. Penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Implementasi SID dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik di Kalurahan Panggungharjo berjalan dengan baik meskipun belum optimal. Sebelas asas pelayanan publik menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 4 telah terlaksana dari 12 asas yang ada. (2) Kendala yang dihadapi oleh pemerintah kalurahan terbagi kedalam kendala pelaksanaan pelayanan berbasis SID, kendala dalam pengembangan SID dan kendala yang dirasakan oleh masyarakat. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala proses pelayanan publik bebasis SID di Kalurahan Panggungharjo telah memenuhi dimensi tangible, reability

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.