Peranan Guru Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Siswa (Studi Kasus di SMP Diponegoro Depok)

Rindang Zahra Paradise,
Iqbal Arpannudin,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan kesadaran peraturan lalu lintas pada siswa SMP Diponegoro Depok, hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas, dan upaya guru menghadapi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi mengacu pada instrumen penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila telah melakukan peranannya dengan baik. Hambatan yang dihadapi oleh guru antara lain dari internal pihak guru dan siswa. Sedangkan dari faktor eksternal hambatan berasal dari keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi hambatan tersebut adalah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah sebagai pihak internal dan menjalin kerjasama dengan keluarga, masyarakat, dan kepolisian.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.