Pengaruh penggunaan metode teams games tournament (TGT) dalam pembelajaran PPKN terhadap sikap toleransi siswa di SMP N 1 Slogohimo

Rita Ernawati, , Indonesia
suyato suyato, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PPKN di SMP N 1 Slogohimo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yang terbagi ke dalam dua bagian yaitu tes awal (pretest) tes akhir (posttest). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis dengan uji-T dan N-Gain. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT terhadap sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PPKN dengan analisis uji t bahwa t hitung untuk variabel Y (sikap toleransi) dengan equal variance assumed adalah 6.882 dengan probabilitas sebesar 0,000 nilai sig < 0,05 yang artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT terhadap sikap toleransi siswa. Dengan ketentuan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan bahwa ada pengaruh metode TGT terhadap sikap toleransi .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.