Discovery Learning sebagai Metode Penanaman Disiplin Mata Pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman

Nur Hasanah, , Indonesia
Marzuki Marzuki, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman; 2) Mengidentifikasi hambatan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman; dan 3) Menganalisis upaya mengatasi hambatan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian dengan Triangulasi Data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik yang mana dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi; 2) Hambatan dalam penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di Mts Nur Iman Mlangi adalah latar belakang pondok pesantren yang berbeda, kurangnya kesadaran diri serta lemahnya keteladanan teman sebaya, dan kurangnya sarana dan prasarana dan 3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di Mts Nur Iman Mlangi yaitu kerja sama antar komponen sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.