Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Menanamkan Karakter Demokratis Di SMA Negeri 1 Semanu

Yassinta Isna Berliana, , Indonesia
Iffah Nur Hayati, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penanaman karakter demokratis melalui pembelajaran Pendidikan dan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Negeri 1 Semanu; (2) mengetahui hambatan dalam penanaman karakter demokratis melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Negeri 1 Semanu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Subjek penelitian ini yaitu guru PPKn yang ditentukan dengan teknik purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk kepentingan validasi data digunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian penelitian kualitatif ini menggunakan reduksi data, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman karakter demokratis dilakukan melalui penyampaian materi, metode pembelajaran, dan keteladanan. Penyampaian meteri dilakukan dengan memberikan pemahaman secara kognitif mengenai karakter demokratis. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan Snowball Throwing. Keteladanan dilaksanakan dengan guru sebagai model serta panutan sabar, sikap dan tindakan sesuai dengan karakter demokratis. Hambatan dalam penanaman karkater demokratis yaitu kurangnya rasa percaya diri peserta didik, kurangnya perhatian peserta didik terhadap kegiatan belajar mengajad, dan kurangnya pengembangan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter demokratis melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.