Perwujudan pelayanan publik yang baik melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul

Heri Cahyono, , Indonesia
Suharno Suharno, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya, kendala, dan solusi mengatasi kendala dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwujudan pelayanan publik yang baik dengan membuat inovasi aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Kendala yang ditemui: a) Masyarakat banyak belum memiliki smartphone; b) Kurangnya dukungan dari masyarakat dan kualitas SDM minim; c) Terbatasnya sarana dan prasarana; dan d) Kondisi kerja karena pandemi. Solusi menghadapi kendala  sebagai berikut: a) mengembangkan aplikasi dengan autentikasi; b) Melaksanakan kegiatan jemput bola; c) Memberikan jaminan pelayanan selesai 3 (tiga) hari; dan d) Sosialisasi secara konvensional.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.