Kesiapan Guru PPKn dalam melaksanakan Pembelajaran DARING di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan

Oktavia Dewanto Saputra, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kesiapan guru PPKn dalam melaksanakan pembelajaran Daring (Dalam jaringan) di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul; 2) Hambatan yang dihadapi oleh guru PPKn dalam melaksanakan pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan; dan 3) Cara guru PPKn mengatasi hambatan yang terjadi karena pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian ini meliputi: (1) Kepala SMPN 1 Paliyan; (2) Kepala SMPN 2 Paliyan; (3) Guru PPKn SMPN 1 Paliyan; (4) Guru PPKn SMPN 2 Paliyan; (5) Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara cross check. Teknik analisis data dilakukan secara induktif  melalui: reduksi data, kategorisasi, unitisasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) Pendemi covid-19 sangat berdampak signifikan terhadap proses pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan. Dampak tersebut sangat terlihat dalam proses pembelajaran yang hanya dapat dilaksanakan secara daring oleh guru PPKn di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan. Kesiapan guru PPKn dalam melaksanakan pembelajaran daring dapat diukur dengan menggunakan tiga indikator, yaitu kesiapan perangkat pembelajaran, kesiapan proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Proses pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kecamatan Paliyan memiliki berbagai hambatan, yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. 2) Hambatan internal berupa tingkat adaptasi guru yang tidak merata, proses pembuatan perangkat pembalajaran yang memerlukan waktu lama, dan pembuatan media pembelajaran yang sulit. Hambatan eksternal meliputi aspek peserta didik dan sarana prasarana pendidikan. 3) Untuk mengatasi hambatan yang ada pihak sekolah terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan berupa penambahan fasilitias pendidikan yang mendukung pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.