PERANAN GURU PPKn SMA NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)

Krisma Afia Marta,
Marzuki Marzuki, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan peranan guru PPKn dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas khusus olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul; (2) Mengidentifikasi faktor pendukung guru PPKn dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas khusus olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul; (3) Mengidentifikasi faktor penghambat guru PPKN dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas khusus olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul; (4) Menganalisis solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas khusus olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn di SMA Negeri 2 Playen yang mengajar peserta didik kelas khusus olahraga (KKO). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data & simpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah cross check. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. (1) Peranan guru PPKn dalam upaya membentuk karakter disiplin yakni; (a) Menyesuaikan metode pembelajaran, (b) Mengimplementasikan muatan karakter disiplin, (c) Menjalankan peranan sebagai guru. (2) Faktor pendukung yakni; (a) Mata pelajaran PPKn berfokus pada muatan pendidikan karakter, (b) Guru mata pelajaran lain, peserta didik, kegiatan di sekolah yang menanamkan kedisiplinan, serta peserta didik yang bisa mempengaruhi peserta didik lain untuk disiplin. (3) Faktor penghambat yakni; (a) Kondisi peserta didik, (b) Keragaman peserta didik, (c) Dominasi peserta didik laki-laki. (4) Solusi yakni; (a) Guru menyesuaikan cara mendidik sesuai dengan karakteristik peserta didik, (b) Guru dalam membentuk karakter disiplin menggunakan pendekatan yang halus dan friendly, (c) Guru menjalin komunikasi dengan wali kelas, BP, dan orang tua atau wali peserta didik.

Kata Kunci: Peranan Guru PPKn, Upaya Pembentukan, Katakter Disiplin, Kelas Khusus Olahraga (KKO).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.