KINERJA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMK NEGERI YANG BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI KABUPATEN PURWOREJO

Enggar Setya Prabaningtyas, , Indonesia
Sunarso Sunarso,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja guru PPKn SMK Negeri yang bersertifikat pendidik di Kabupaten Purworejo dilihat dari segi kompetensi pedagogik dan profesional; (2) kendala yang dialami guru dalam peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn SMK Negeri yang bersertifikat pendidik di Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif induktif, dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kinerja guru PPKn SMK Negeri yang bersertifikat pendidik di Kabupaten Purworejo telah sesuai kompetensi profesional yang meliputi penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Guru telah menguasai kompetensi pedagogik yang meliputi penguasaan karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, melakukan komunikasi dengan peserta didik dan melakukan penilaian atau evaluasi. 2) Kendala guru dalam peningkatan kompetensi yaitu dalam penguasaan karakteristik peserta didik guru sulit menguasai secara keseluruhan dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif, terkendala manajemen sarana prasarana pembelajaran belum maksimal. 3) Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah berusaha mencari solusi lain agar proses  pembelajaran tetap berjalan lancar  sesuai dengan rencana pembelajaran  yang telah  dibuat sehingga tidak merugikan peserta didik.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Sertifikat Pendidik, Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.