PENGARUH IKLIM KELAS DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SMP DI KABUPATEN SLEMAN

Ainun Miftahul Jannah, , Indonesia
Samsuri Samsuri, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim kelas pada pembelajaran PPKn terhadap karakter disiplin peserta didik SMP di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Subjek dari penelitian ini adalah guru-guru yang tergabung sebagai anggota MGMP PPKn SMP Kabupaten Sleman dengan jumlah populasi sebanyak 153 guru, dan didapatkan sampel sebanyak 30 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) iklim kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap karakter disiplin memiliki pengaruh yang signifikan, hal ini ditunjukkan dengan deskripsi bahwa ketika iklim kelas dapat terwujud dengan kondusif maka tujuan pembelajaran PPKn yang mencakup pengutamaan karakter dapat tercapai dengan maksimal. 2) iklim kelas dalam pembelajaran PPKn berperan positif terhadap karakter disiplin, hal ini dibuktikan bahwa ketika pembelajaran berlangsung dengan gaya kepemimpinan demokratis, pola interaksi terjalin dengan baik, dan kondisi fisik kelas sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, maka peserta didik lebih mudah menerima pembelajaran yang diberikan. 3) besaran nilai pengaruh antara iklim kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap karakter disiplin peserta didik sebesar 29%. Penghitungan ini dilakukan dengan pengujian analisis regresi linier sederhana.

Kata Kunci: Iklim Kelas, PPKn, Karakter Disiplin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.