STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMP DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SESUAI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN CILACAP

Ida Sukmawati Timur,
Mukhamad Murdiono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bahan ajar yang dikembangkan guru PPKn SMP kelas VII sesuai Kurikulum 2013 di Kabupaten Cilacap, (2) strategi guru PPKn SMP kelas VII dalam pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum 2013 di Kabupaten Cilacap, (3)  hambatan-hambatan yang dihadapi guru PPKn SMP kelas VII dalam pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum 2013 di Kabupaten Cilacap, (4)  upaya guru PPKn SMP kelas VII dalam mengatasi hambatan pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum 2013 di Kabupaten Cilacap.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan subjek menggunakan teknik purposive, yaitu dengan mengambil sampel guru PPKn khususnya kelas VII berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahan ajar yang dikembangkan guru PPKn sesuai Kurikulum 2013 adalah buku paket atau buku cetak yang diberikan pemerintah, buklet, kliping, portofolio, LKS, menggunakan media massa seperti pembuatan madding, poster, portofolio, buklet, video dan film. (2) Strategi guru dalam pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum 2013 yaitu berkomunikasi dengan sesama guru PPKn, mengikuti pelatihan-pelatihan untuk menunjang guru sebagai tenaga profesional, dan mencari berbagai macam referensi. (3) Hambatan dalam pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum 2013 berupa: a) sarana dan prasarana yang kurang memadai; b) guru yang minim sikap kreatif dan inovatif; c) peserta didik yang kurang mengoptimalkan proses pembelajaran. (4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum 2013  terdiri dari: a) pengoptimalan terhadap sarana dan prasarana sekolah; b) guru yang kreatif dan inovatif; c) peserta didik yang aktif dan kreatif.

Kata Kunci: Strategi, Guru PPKn, Kelas VII, Pengembangan, Bahan Ajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.