PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

Resti Anika Sari,
Mukhamad Murdiono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh positif dan signifikan dari metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Yogyakarta; dan (2) pengaruh positif dan signifikan dari metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Yogykarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 188 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, yaitu  kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 peserta didik dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes yang terbagi menjadi pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PPKn terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Hal ini diindikasikan oleh nilai  pada posttest berpikir kritis lebih besar sebesar 7,923 dan ttabel pada df 60 sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05); (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PPKn terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Yogyakarta. Hal ini diindikasikan oleh nilai thitung pada post test berpikir kreatif lebih besar sebesar 9,790 dan ttabel pada df 60 sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05).

Kata kunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.